Tips Merawat Baju Wanita Anda

Membeli pakaian wanita adalah ritual rutin yang harus dilakukan oleh seseorang. Orang akan terpaksa membeli baju wanita, celana, pakaian wanita dalam, kaus kaki, jaket, dsb jika yang lama sudah tidak layak dipakai lagi alias rusak. Jika baju wanita-baju wanita kita yang lama dapat bertahan lebih lama maka kita pun bisa menghemat pengeluaran sandang kita.
Berikut ini tips cara membuat pakaian wanita kita bisa awet bertahan selama mungkin serta mengatasi berbagai permasalahan baju wanita-baju wanita kita. Apabila anda punya tambahan tips silahkan anda berbagi dengan kita-kita melalui komentar di bawah.
A. Tips Mencuci pakaian wanita / baju wanita
1. Untuk pakaian wanita yang baru dibeli, baru dikasih orang, baru dapat hadiah, dan sebagainya sebaiknya dalam mencuci kita cuci sendiri tidak digabung dengan pakaian wanita yang lain dan tidak di mesin cuci agar aman dari kasus kelunturan. Jika pencucian pertama dan kedua tidak ada masalah maka kita boleh menggabungkannya dengan pakaian wanita lain untuk pencucian selanjutnya.
2. Pilah-pilah pakaian wanita sebelum mencuci berdasarkan tingkat kekotorannya. Jangan menggabung pakaian wanita yang habis dipakai untuk bermain lumpur atau kain pel dengan baju wanita-baju wanita yang dipakai sehari-hari karena baju wanita yang tadinya bersih bisa terkontaminasi kotoran.
3. Jangan rendam kaos, celana, baju wanita, dan lain-lain yang disablon terlalu lama lebih dari satu jam di dalam larutan deterjen agar tidak rusak.
4. Apabila anda membeli atau mendapat baju wanita bekas / second yang pernah dipakai orang lain maka cuci pakaian wanita tersebut dengan deterjen yang dapat membunuh kuman agar penyakit-penyakit yang menempel di baju wanita-baju wanita tersebut dapat bersih.
5. Pada saat mencuci gunakan perasaan dan jangan emosi. Hati-hati pada saat menyikat pakaian wanita, memeras pakaian wanita, mengucek pakaian wanita, membanting pakaian wanita, dll jangan terlalu keras agar baju wanita-baju wanita tidak cepat rusak dan melar.
6. Bila menginginkan hasil yang lebih baik dan lebih bersih serta lebih yakin maka sebaiknya anda cuci pakaian wanita tersebut secara manual dengan tangan anda sendiri. Mesin cuci yang pada saat mencuci diset tidak sesuai dengan bahan pakaian wanita atau sablon bisa membuat pakaian wanita rusak.
7. Biasanya pada laber pakaian wanita yang terdapat di leher atau bagian pinggang terdapat pesan-pesan dari pabrik mengenai perlakuan yang seharusnya dilakukan pada saat mencuci pakaian wanita tersebut. Ada aturan tentang suhu air, zat kimia untuk mencuci, cara menyetrika, dsb. Pelajari bahan-bahan pakaian wanita dan cara pencuciannya agar tidak salah metode / teknik mencuci.
8. Zat pemutih pakaian wanita yang terlalu kuat dapat menyebabkan sablon mengelupas dan rusak serta membuat bahan pakaian wanitanya menjadi lebih tipis dan kasar.
9. pakaian wanita jenis tertentu dengan bahan khusus atau mudah rusak sebaiknya cucilah di tempat cuci laundry profesional agar pakaian wanita kita bisa awet selalu.
10. Pada bilasan terakhir kita bisa menggunakan cairan pelembut dan pewangi pakaian wanita untuk hasil pencucian yang terbaik.
11. Jika ada baju wanita kita yang terkena noda makanan atau noda kimia lainnya sebaiknya lekas dibersihkan agar lebih mudah dihilangkan nodanya daripada menunggu yang akhirnya malah sulit dibersihkan.
12. Hati-hati dengan pembersih noda / bleaching karena bisa mengubah warna pakaian wanita anda jadi belang. Tes dulu pada bagian bahan yang tersembunyi sebelum mencoba membersihkannya.

B. Tips Menjemur pakaian wanita / baju wanita
1. Untuk bahan seperti kaos yang bisa melar sebaiknya pada saat dijemur jangan digantung dengan hanger agar kerah atau bagian leher tidak melar.
2. pakaian wanita yang ada sablon / sablonan seperti kaos / t-shirt sebaiknya dijemur setelah baju wanita dibalik. Jadi yang terkena matahari secara langsung adalah baju wanita bagian dalam agar warna baju wanita tidak cepat pudar, kusam dan mbladus.
3. Selain dengan cara menjemur pakaian wanita pada sisi sebaliknya, bisa juga menjemur pakaian wanita dengan posisi miring terhadap cahaya matahari agar tidak terlalu panas.
4. Dalam menjemur pakaian wanita sebaiknya gunakan penjepit baju wanita agar baju wanita kita tidak beterbangan tertiup angin kencang yang dapat membuat baju wanita kembali kotor jika jatuh ke tanah atau lantai yang kotor.

C. Tips Menyeterika pakaian wanita / baju wanita
1. Gunakan cairan pelicin pakaian wanita agar hasil setrikaan lebih bagus, tidak kusut dan harum baunya.
2. Untuk kaos dan pakaian wanita lain yang ada sablonan sebaiknya disetrika setelah dibalik di mana yang tersetrika adalah bagian sisi yang lainnya agar sablonan awet tidak ngelotok, rusak atau luntur terkena suhu panas.
3. Setrikalah baju wanita anda sesuai aturan yang tertera pada label pesan perlakuan pakaian wanita yang biasanya ada di bagian leher atau pinggang. Pelajari suhu-suhu yang perlu diset untuk setiap jenis bahan agar tidak salah setrika.
4. Menyetrika pakaian wanita sebaiknya dilakukan ketika pakaian wanita benar-benar kering habis dijemur di terik matahari cukup agar pakaian wanita lebih awet tidak rapuh.

D. Tips Menyimpan pakaian wanita
1. Simpanlah pakaian wanita anda di tempat yang bersih, kering, tidak berdebu dan tertutup rapat. Bersihkan dulu dengan lap kering atau lap basah jika kotor sekali.
2. Sebelum menyimpan pakaian wanita pada lemari pakaian wanita sebainya anda pastikan terlebih dahulu tingkat kekeringan pakaian wanita tersebut. PAstikan telah kering benar agar tidak menimbulkan bau tidak sedap.
3. Jangan menyimpan pakaian wanita di tempat yang penuh sesak agar mudah diambil jika diperlukan dan tidak membuat pakaian wanita menjadi kusut tidak rapi.
4. Cuci dengan bersih pakaian wanita anda sebelum disimpan dan keluarkan benda-benda yang ada di dalam saku. pakaian wanita yang kotor atau mengandung makanan bisa mengundang serangga yang akhirnya merusak pakaian wanita kita.
5. baju wanita anda bisa digantung di hanger agar baju wanita rapi tanpa bekas lipatan. Untuk celana bisa digantung dan bisa juga dilipat untuk menghemat ruangan penyimpanan pakaian wanita.
6. Gunakan kamper dan alat penghilang kelembabab air untuk menjaga pakaian wanita anda tetap terjaga dalam kondisi yang prima dan baik serta menghadang serangga perusak pakaian wanita kita.

E. Tips Tambahan
1. Untuk baju wanita-baju wanita khusus yang mahal atau baju wanita kesayangan kita sebaiknya jangan sering dipakai dan jangan dibawa tidur agar tidak cepat rusak.
2. Untuk pakaian wanita yang digunakan sehari-hari dengan bahan umum dan murah bisa anda cuci di tempat laundry kiloan. Tetapi untuk jenis pakaian wanita khusus yang mahal dengan bahan khusus sebaiknya anda cuci di laundry khusus satuan bukan kiloan agar pakaian wanita anda dicuci dengan cara yang sesuai.
sumber : bajupakaianwanita.com

Post a Comment

Lagi Hangat